Aditia Purnomo

Berbagi Aura Positif bersama JKT48

Leave a Comment


Di tengah pusaran hidup yang semakin berat, semakin banyak orang yang berpaling pada dunia hiburan dan lebih khusus lagi, hiburan yang memotivasi. Industri hiburan paham betul bagaimana menggarap agenda-agenda motivasi yang mampu membius perhatian masyarakat banyak. Industri ini kemudian menelurkan buku, film, lagu, bahkan orang-orang yang secara langsung memberi ceramah motivasi.

Orang terdepan yang kemudian menjadi pionir dalam industri ini adalah Mario Teguh. Setiap pekan, ia hadir dalam acara Golden Ways di salah satu stasiun televisi swasta. Di acara tersebut, Mario memberikan kuliah motivasi dengan kata-kata mutiaranya yang membius orang-orang yang butuh suntikan semangat hidup. 

Selain Mario, hadir pula Merry Riana, perempuan muda yang sukses berkecimpung di dunia bisnis. Dengan bukunya, Mimpi Sejuta Dollar, Merry memotivasi orang lain yang hidupnya penuh tekanan agar berjuang mengejar mimpi. Atau kalau ditarik lebih ke belakang, fenomena meledaknya novel Laskar Pelangi adalah bukti nyata bahwa banyak orang butuh motivasi.
  
Dan kini, dalam bentuk yang lebih segar, hadir idol group bernama JKT48 dengan lagu-lagu yang menghadirkan gairah semangat dan perjuangan. Sebagai sebuah kelompok baru, JKT48 mampu menarik perhatian publik, bahkan menciptakan basis penggemar sendiri yang anggota dan jangkauannya tidak sedikit 

Mereka mulai dikenal melalui lagu-lagu seperti Heavy Rotation, River, Mirai No Kajitsu (Buah Dari Masa Depan), dan Shonichi (Hari Pertama). Dengan lagu-lagu nge-beat dan bernada ceria itu, mereka menyebarkan aura positif kepada penggemar fanatik mereka yang sering disebut sebagai Wota. Gaya musik, tarian, dan sorak sorai penontonnya dalam setiap penampilan selalu menjadi warna tersendiri bagi JKT48, membuat mereka semakin digandrungi.

Jika kita pahami secara lebih dalam, menggemari JKT48 bukan lagi soal memandangi paras cantik dan lekuk tubuh. Dalam banyak lagunya, JKT48 mencoba membagi kisah dan perjuangan. Tak percaya? Coba setel dan dengarkan lagu mereka tanpa melihat videonya.
  
Dalam lagu Shonichi, JKT48 mencoba menggambarkan perjuangan mereka untuk menjadi bintang. Latihan, kerja keras, semangat dan pantang meyerah, itulah yang mereka coba tularkan kepada penikmat musik. Simak penggalan liriknya: “Impian ada di tengah peluh/ Bagai bunga yang mekar secara perlahan/ Usaha keras itu tak akan mengkhianati”

Ya, kerja keras takkan mengkhianati. Setiap peluh yang mereka keluarkan dalam latihan demi latihan hingga larut malam akan membawa hasil. Meski berat, mereka yakin jika usaha mereka akan terbayar, seperti bunga yang mekar secara perlahan. Dan keyakinan itu mereka tularkan melalui tarian dan musik.
  
Mereka juga menggambarkan, dalam setiap perjuangan pasti aka nada hambatan yang menghadang. Karena itu, melalui lagu River, mereka kembali mengajarkan kepada fans, bahwa hambatan yang besar pasti bisa dilaui jika kita percaya pada diri sendiri. Berikut cuplikan liriknya: “Tepat di depan matamu / Ada sungai mengalir / Luas, sebuah sungai yang besar / Walaupun gelap dan dalam / Walaupun arusnya deras / Tidak perlu ketakutan / Walaupun kau terpisah / Ya, tepian pasti ada / Lebih percayalah pada dirimu.”

Percayalah pada dirimu, sampai saat mimpimu terkabul. Hambatan apapun pasti bisa dilewati. Tidak perlu takut, karena sejauh apapun sungai membentang, pasti ada tepian yang bisa ditapaki. Setidaknya, kita harus berani melangkah dalam keadaan yang susah. Jangan lagi membuat alasan untuk diri sendiri, karena jika tak pernah mencoba kita tak akan pernah tahu. Tiada jalan selain maju di jalan yang kau pilih. Inilah bagian dari upaya JKT48 dalam menyebarkan semangat pantang menyerah untuk mengejar cita-cita.

Bagi JKT48, meski cibiran dan komentar negatif terus menghampiri, mereka memastikan untuk terus melangkah di jalan yang mereka pilih. Dan yang paling penting, mereka terus menempa diri lalu berkarya dan membagi semangat kepada para pendengar. 

JKT48 menjadi bagian baru dalam penyebaran aura positif. Bagian baru dari industri motivasi. Setidaknya, bagi orang-orang yang selalu menganggap hidup mereka penuh cobaan dan menjadi gampang putus asa, hadirilah dan bergabung bersama mereka yang penuh semangat dan bergairah dalam hidup.
Lemah lesu lunglai? Segeralah kalian bertobat dan pergi ke Teater JKT48.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar