Saya pernah bekerja dengan banyak orang. Entah
dalam kerja sosial ataupun kerja profesional. Setiap orang punya karakteristik
kerja yang berbeda. Karena itulah saya perlu beradaptasi dengan cara kerja orang
lain.
Dari sekian banyak orang itu, ada saja orang
menyebalkan yang membuat kerja jadi tak enak. Entah karena sering telat
deadline, kerjaannya tidak beres, ataupun sulit diajak berkomunikasi. Apapun
itu, menurut saya, permasalahannya ada pada ketiadaan tanggung jawab dalam
bekerja.
Dalam urusan apapun, tanggung jawab adalah
kunci. Saya lebih senang bekerja dengan orang yang masih awam dalam bidang
kerja atau kemampuannya belum diuji. Karena persoalan ini bisa diselesaikan
bila orang itu punya rasa tanggung jawab yang tinggi. Bila salah, jadikan itu
pelajaran dan coba perbaiki.
Tapi jika tanggung jawab sudah tak dimiliki,
apapun yang dikerjakan niscaya bakal mengecewakan.
Bagi saya tanggung jawab adalah kunci
kepercayaan. Ketika seseorang diberi sebuah kepercayaan, maka orang itu harus
membayar kepercayaan itu. Inilah nilai yang saya yakini dalam bekerja.
Ketika kepercayaan dibayar dengan ketidaan
tanggungjawab, buyar sudah kepercayaan kepada orang itu. Dan saat kepercayaan
hilang, sulit rasanya kerjasama bisa dilanjutkan.
Maka bersyukurlah atas pekerjaan yang kamu
hadapi saat ini. Bertanggungjawablah pada pekerjaan. Karena saat kamu seenaknya
saja bekerja tanpa tanggung jawab, di luar sana ada banyak orang yang lelah
mencari kerja, kepayahan melanjutkan hidupnya. Kadang, hidup memang tak seadil
yang kita bayangkan.
0 komentar:
Posting Komentar