Aditia Purnomo

Perihal Tanggung Jawab

Leave a Comment

Saya pernah bekerja dengan banyak orang. Entah dalam kerja sosial ataupun kerja profesional. Setiap orang punya karakteristik kerja yang berbeda. Karena itulah saya perlu beradaptasi dengan cara kerja orang lain.

Dari sekian banyak orang itu, ada saja orang menyebalkan yang membuat kerja jadi tak enak. Entah karena sering telat deadline, kerjaannya tidak beres, ataupun sulit diajak berkomunikasi. Apapun itu, menurut saya, permasalahannya ada pada ketiadaan tanggung jawab dalam bekerja.

Dalam urusan apapun, tanggung jawab adalah kunci. Saya lebih senang bekerja dengan orang yang masih awam dalam bidang kerja atau kemampuannya belum diuji. Karena persoalan ini bisa diselesaikan bila orang itu punya rasa tanggung jawab yang tinggi. Bila salah, jadikan itu pelajaran dan coba perbaiki.

Tapi jika tanggung jawab sudah tak dimiliki, apapun yang dikerjakan niscaya bakal mengecewakan.

Bagi saya tanggung jawab adalah kunci kepercayaan. Ketika seseorang diberi sebuah kepercayaan, maka orang itu harus membayar kepercayaan itu. Inilah nilai yang saya yakini dalam bekerja.

Ketika kepercayaan dibayar dengan ketidaan tanggungjawab, buyar sudah kepercayaan kepada orang itu. Dan saat kepercayaan hilang, sulit rasanya kerjasama bisa dilanjutkan.

Maka bersyukurlah atas pekerjaan yang kamu hadapi saat ini. Bertanggungjawablah pada pekerjaan. Karena saat kamu seenaknya saja bekerja tanpa tanggung jawab, di luar sana ada banyak orang yang lelah mencari kerja, kepayahan melanjutkan hidupnya. Kadang, hidup memang tak seadil yang kita bayangkan.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar