Aditia Purnomo

Dari Redmi Note 7 Sampai Mate 20 Pro, Inilah Rekomendasi Smartphone dengan Pilihan Harga Terbaik

Leave a Comment


Ponsel pintar bagi sebagian orang telah menjadi bagian dari alat produksi. Apalagi di zaman yang serba digital ini, penggunaan aplikasi-aplikasi berbasis mobile dan internet menjadi penunjang penting dalam aktivitas sehari-hari. Pesan ojek, pakai hape. Beli baju, pakai hape. Ngurus kerjaan, pakai hape. Cari kabar mantan, juga pakai hape.

Nah, saking pentingnya hape dan internet, urusan pulsa dan paket data semakin diperhitungkan sebagai salah satu komponen hidup layak yang posisinya kira-kira sama dengan pangan, papan, dan sandang. Oleh sebab itu, mau semiskin apapun kamu, setidaknya kamu pasti pernah melirik dan berangan-angan punya ponsel yang selalu kekinian, baik dari spesifikasi maupun gaya. Toh sekarang semakin banyak hape berkualitas dengan harga ‘murah’.

Agar tidak kebingungan, berikut akan saya rekomendasikan hape-hape terbaik dari setiap rentang harga untuk Anda. Penting untuk diingat, membeli hape itu bukan seperti membeli permen, kalau tidak suka bisa langsung buang. Harus ada perhitungan khusus. Dari soal menilai kebutuhan sampai budget yang kita punya, sebelum akhirnya memutuskan mau membeli yang mana.

Dan inilah hape-hape yang saya rekomendasikan:

Kisaran Harga 1 Jutaan
Pada kisaran harga sejutaan ini ada beberapa ponsel yang (masih) layak dijadikan pasangan. Jika budgetmu ada di bawah sejutaa dan butuh ponsel sekadar untuk melancarkan komunikasi, kalian bisa membeli Redmi Go yang harganya 899 ribu rupiah. Hape ini adalah keluaran Redmi yang mengandalkan Android Go dengan ragam aplikasi yang lebih enteng. Mohon maklum, dengan memori internal 8GB dan RAM 1 GB, setidaknya hape ini bisa mengenalkan smartphone dengan performa enteng kepada penggunanya.

Jika budgetmu ada di atas 1 jutaan, saya tidak ragu untuk memilih Realme 3 dengan harga Rp 1.799.000. Bermodal chipset Helio P60 dan GPU ARM Mali-G72, serta RAM 3 GB sekaligus penyimpanan 32 GB, inilah ponsel yang memiliki skor 130-ribuan di Antutu Benchmark. Soal performa, jangan ragukan kemampuan hape ini. Dilengkapi baterai 4.230 mAh, dual kamera 13 MP plus 2 MP, serta telah beroperasi dengan Android 9.0 Pie, saya kira ponsel ini telah mampu bersaing dengan ponsel di kelas harga 2 jutaan.

Kisaran Harga 2 Jutaan
Tanpa ragu saya akan merekomendasikan ponsel yang baru saja diluncurkan di Indonesia ini: Redmi Note 7. Memang sih masih ada Samsung Galaxy M20 yang kualitasnya juga oke, tapi dari segi performa hape ini tidak ada lawan di kelas harga 2 jutaan. Bermodal skor Antutu di kisaran 140-ribuan, Redmi Note 7 bahkan mengalahkan Realme 2 Pro dan Asus Zenfone Max Pro M2 yang sama-sama menggunakan Snapdragon 660 dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB.

Nilai tambah dari hape ini tentu saja ada di keputusan Redmi menggunakan USB Type C pada I/O port-nya. Hal ini membuat pengisian daya dan perpindahan data bakal lebih ngebut ketimbang USB B yang biasa. Selain itu, ponsel ini dilengkapi fitur night mode pada kamera depannya yang beresolusi 48 MP + 5 MP. Redmi Note 7 menggunakan bahan kaca pada body belakangnya.

Dan yang paling penting, harga Redmi Note 7 ini hanya ada di angka Rp 2.599.000, jauh di bawah Realme 2 Pro dan Asus Zenfone Max Pro M2. Tak salah lagi, memang hape ini paling ngehe untuk urusan price to performance.

Coba, sebutkan lawan yang lebih baik dari Redmi Note 7 yang hadir tahun ini?

Kisaran Harga 3 Jutaan
Sebenarnya pada rentang harga ini saya tak ingin merekomendasikan hape apapun. Kebanyakan hape di kelas ini menggunakan prosesor sekelas Snapdragon 660, yang sudah bisa dibeli di harga 2 jutaan seperti rekomendasi di atas. Lebih baik, beli Redmi Note 7 yang masih dapat kembalian untuk beli data internet atau uangnya ditabung lagi biar bisa masuk di kategori 4 jutaan.

Kisaran Harga 4 Jutaan
Menurut saya hanya ada dua ponsel yang layak dipertimbangkan untuk dipilih pada kategori ini: Pocophone F1 atau Honor Play. Kedua ponsel ini sudah menggunakan SOC (system-on-a-chip) terbaik di tahun 2018, Snapdragon 845 pada Poco dan Kirin 970 pada Honor Play. Tapi, berhubung Honor Play tidak masuk resmi ke Indonesia, pilihan saya jatuh pada Pocophone F1 mengingat price to performance-nya yang paling oke sejauh ini.

Bayangkan, ketika merek lain bikin hape dengan chipset Snapdragon 845 di kisaran harga 7 juta ke atas, eh ini merek malah cuma kasih harga di kisaran 4,5 jutaan. Sudah begitu, konfigurasi kamera 12 MP + 5MP yang dimiliki juga bajingan betul bagusnya. Kekurangannya ada pada body belakang yang cuma terbuat dari bahan plastik dan desainnya yang terlihat biasa-biasa aja.

Kisaran Harga 5-10 Jutaan
Masuk di rentang angka 5 juta, saya perlu untuk melebarkan batasan harganya. Setidaknya sampai 10 juta. Masalahnya di atas angka itu, kelas ponselnya sudah semakin berbeda. Ibarat kata, di rentang harga yang ini cuma kelasnya orang punya uang, tapi di atas 10 juta itu udah levelnya sultan. Titik.

Nah, ada banyak banget rekomendasi hape yang bisa kita pilih di kategori ini. Mulai dari Asus Zenfone 5z, Google Pixel 2 XL, iPhone 7 Plus, dan tentu saja Samsung S9 Plus (hape ini udah di bawah 10 juta, cuyyyy… ). Dan rekomendasi saya jatuh kepada Vivo V15 Pro yang baru saja dirilis.

Memang sih, secara performa hape-hape tadi bisa ngalahin Vivo V15 Pro. Apalagi yang pakai jeroan Snapdragon 845 lengkap dengan segambreng fitur macam Asus Zenfone 5z. Tapi ada dua hal yang tidak semua hape tadi punya dan menjadi andalan di V15 Pro: body depan bentuknya sudah layar semua (tanpa poni atau notch) dan fitur pemindai sidik jari di dalam layar (on-screen).

Dua fitur ini layak menjadikan V15 Pro dengan banderol Rp 5.699.000 sebagai ponsel yang lebih pantas dimiliki ketimbang semua ponsel lain di kategori ini yang kebanyakan masih bergaya old-school. Apalagi, prosesor Snapdragon 675 serta RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB mampu memberikan skor Antutu hingga 179-ribuan yang tidak kalah dengan para ‘mantan’ flagship tersebut.

Perkara kameranya, Vivo V15 Pro nggak usah ditanya lagi. Malah menurut saya ini salah satu ponsel dengan konfigurasi mode malam terbaik yang ada saat ini.

Kisaran Harga di Atas 10 Jutaan
Nah, kategori terakhir ini hape-hape dengan harga di atas 10 juta alias level sultan. Ada beberapa yang layak banget direkomendasikan, mulai dari Samsung Galaxy S10 series, iPhone XR dan XS series, Huawei Mate 20 Pro, dan Google Pixel 3 XL. Kalau di level ini sih, hape manapun yang dipilih nggak bakal mengecewakan dari segi apapun, kecuali mahalnya. Tapi jika boleh kasih rekomendasi, saya lebih memilih iPhone XR untuk preferensi iOs atau Huawei Mate 20 Pro untuk pengguna Android.

Meskipun harganya disunat, tapi performa iPhone XR sama bajingan dengan yang lebih mahal. Konfigurasi kameranya juga sama bagus, cuma beda di jumlah kamera saja. Sisanya, ente-ente bakal merasakan performa hape seharga 20 jutaan yang bisa ditebus dengan harga 15 jutaan.

Nah kalau perkara Android, emang sih Pixel masih menjadi hape Android dengan konfigurasi kamera terbaik. Tapi, dengan fitur yang lebih lengkap (pemindai sidik jari dalam layar, NFC, Reverse Wireless Charging, IP68, dan Supercharge yang bisa nampung daya sampai 40watt), saya kira Huawei Mate 20 Pro masih menjadi opsi terbaik untuk hape Android level sultan.

Memang sih secara performa keseluruhan Samsung Galaxy S10 juga bagusnya minta ampun. Namun, kalau hanya ingin kamera yang lebih baik (dan harga yang lebih murah), Huawei Mate 20 Pro adalah jawabannya. Harga Huawei Mate 20 Pro adalah yang paling murah dari semua ponsel sultan yang sudah disebut. Cuma dibanderol seharga Rp 11.999.000 kok, nggak ada apa-apanya buat sultan mah…

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar